IBX5980432E7F390 PERBEDAAN LNB KU BAND PRIME FOKUS DAN OFFSET FOKUS - Ikabiblog

PERBEDAAN LNB KU BAND PRIME FOKUS DAN OFFSET FOKUS


1. Apa itu prime fokus dan offset fokus? Prime fokus dan offset fokus dalam dunia Tv satelit istilah ini banyak digunakan. Kedua istilah ini sering dijumpai pada LNB dan Dish. Ada dish Prime fokus dan adapula LNB offset fokus. Prime fokus adalah posisi titik fokus yang terdapat pada titik pusat / dot center parabola, sedangkan offset fokus adalah titik fokus yang terletak pada bagian lain dari center parabola.


2. Apa perbedaan dish prime fokus dan offset fokus? Dish prime fokus biasa kita temui di sekitar kita. Antena parabola pada umunya mesh ataupun solid adalah jenis prime fokus.Dish offset fokus adalah dish yang tempat penempatan LNB nya berada di samping. Kita bisa temui pada antena parabola diatas tempat ATM (parabola Visat), atau dish parabola Tv berlangganan (pay tv). Contoh dish jenis offset : Dish Prime fokus dan offset fokus secara persamaan parabola sebenarnya sama saja. Pada offset fokus hanyalah memotong beberapa bagian dari full parabolic tanpa merubah posisi titik fokusnya, sehingga titik fokus seolah terlihat seperti di pinggir. Grafik parabola yang melalui titik A, B dan C . Sering digunakan untuk sistem multy LNB. Seperti pemasangan 2 LNB pada umumnya, satelit palapa diterima oleh LNB yang terletak pada prime fokus, sedangkan telkom diterima oleh LNB yang offset. Offset fokus tipe 2.


3. Apa perbedaan LNB prime fokus dan offset fokus? Secara rangkaian elektronik jenis LNB prime fokus dan offset fokus adalah sama. Namun sering kita jumpai pada LNB KU band sering terdapat peruntukan dishnya apakan jenis prime fokus ataupun offset fokus. Perbedaannya hanya terletak pada Scalar ring LNB itu sendiri. "LNB prime fokus memiliki Scalar ring yang datar, namun pada offset fokus menggunakan scalar ring yang mengerucut atau yang sering disebut Conical scalar ring". Scalar ring jenis prime fokus, Scalar ring jenis offset fokus, (Conical Scalar ring). Perbedaan paling mencolok, adalah dengan melihat noise gain (dB) yg tertulis pada LNB, semakin kecil noise gain, maka semakin kuat penerimaan sinyal. Untuk LNB Ku Band tipe Offset, rata2 noisenya adalah 0,5 dB. Sementara untuk tipe Prime Fokus, rata2 noisenya adalah 0,1 dB - 0,3 dB. Fungsinya pun berbeda pula. LNB Ku Band tipe Offset, cocoknya ditempatkan di dish Offset pula (seperti dish pay TV atau dish solid 3ft-4ft), dan digunakan untuk menangkap satelit yg rata2 sinyalnya kuat (contoh seperti Big TV di JCsat 4B, atau Orange TV di Palapa) .sementara untuk LNB Ku Band tipe Prime Fokus, bagusnya dipasang di dish solid 6 feet keatas (tidak direkomendasikan untuk dish mesh), dan digunakan untuk menangkap satelit yg rata2 sinyalnya lemah atau sulit dijangkau, bahkan mampu menangkap satelit yg 'out of beam' sekalipun (seperti Optus, Intelsat 19 KU, NSS 11, Koreasat 5 dll). Harganya pun jelas berbeda jauh. Untuk LNB Ku Band tipe Offset (0,5 dB), rata2 antara 70-150 rb, sementara untuk LNB Ku Bandtipe Prime Fokus (0,1 dB), harganya bisa mencapai diatas 350 rb.


4. Apakah LNB Prime fokus dapat digunakan pada dish offset fokus? dan apakah LNB offset fokus dapat digunakan pada dish prime fokus? Jawaban nya: Bisa! Langkah yang harus dilakukan adalah menyesuaikan scalar ring nya sesuai dengan dish yang digunakan. Apabila ingin memodifikasi LNB offset fokus pada dish prime fokus, maka buatlah scalar ring yang datar. Tapi jika tak mau repot dan takut gagal saat memodifikasi lnb tsb, alangkah baiknya mencari refrensi ttg modif lnb tsb ke berbagai sumber dgn cara googling terlebih dahulu.


5. Mengapa pada posisi offset fokus kualitas sinyal lebih rendah daripada prime fokus? Hal ini biasanya terjadi pada dish prime fokus yang dipasangkan LNB di samping. sehingga penempatannya terlihat offset.


6. Mengapa untuk tipe offset pada Indovision, telkomvision, aora, dan Tv berlangganan lainnya tetap memiliki sinyal yang besar padahal dish yang dipakai berukuran kecil? Jawabnya adalah frekuensi sinyal yang dipancarkan oleh satelit Tv berlangganan tersebut memang sudah besar. Selain itu penggunaan jenis dish serta jenis LNB yang digunakan memang sudah cocok peruntukannya. Jd kesimpulan nya Dish offset akan lebih pas jika di pasangkan LNB yang jenis offset juga, begitu pula sebalik nya!


SEMOGA BERMANFAAT

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

1 Komentar Untuk "PERBEDAAN LNB KU BAND PRIME FOKUS DAN OFFSET FOKUS"

  1. YOGA ADITYA KURNIAWAN5 July 2015 at 18:41

    http://ikabiblog.heck.in/a.xhtml

    ReplyDelete